Workshop Akupresur Maternal dan Balita Prodi D III Kebidanan FIK Unipdu Jombang

By: Admin | Posted on: 2016-11-14 | Kunjungan : 121

Workshop Akupresur Maternal dan Balita

Prodi D III Kebidanan FIK Unipdu Jombang

 

Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang terus berupaya mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan.yang berkualitas. Kali ini Program Studi D III Kebidanan menyelenggarakan kegiatan Workshop Akupresur Maternal dan Balita  pada tanggal 29-30 Oktober 2016. Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama antara  Program Studi D III Kebidanan FIK Unipdu Jombang dengan Persatuan Akupunkturis Seluruh Indonesia (PAKSI) ini menghadirkan narasumber Dr. Sulistyowati Hoedijono, M.A. A.Kp., seorang dokter senior yang juga Ketua Umum PAKSI.

Acara dibuka secara resmi oleh Bpk. Dr. dr. Zulfikar As’ad, MMR., Wakil Rektor Bid. SDM., Keuangan dan Umum Unipdu Jombang. Dalam sambutannya Beliau berharap bahwa seluruh mahasiswa yang mengikuti workshop ini hendaknya mengikuti keseluruhan materi dengan sungguh-sungguh. Karena materi yang diberikan sangatlah berguna untuk memberi nilai tambah pada kompetensi bidang kebidanan, selain yang diajarkan dalam perkuliahan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan komitmen FIK Unipdu Jombang yang senantiasa ingin meningkatkan kualitas lulusannya agar bisa bersaing sebagai tenaga medis yang handal di masyarakat.

Pada hari ke-1 seusai pembukaan, langsung disampaikan pemaparan materi tentang tata cara tindakan akupresur pada bayi dan balita oleh nara sumber. Secara umum workshop ini bertujuan agar calon bidan ini mampu melaksanakan perawatan tammbahan, khususnya pada ibu dan balita yaitu bisa melaksanakan teknik akupresur sederhana kepada bayi dan balita, sehingga hal ini sangat bermanfaat apabila diterapkan di masyarakat luas. Apalagi bulan depan, para mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti workshop ini akan melaksanakan Praktik Komunitas Desa, sehingga momen pelaksanaan workshop ini dirasa sangat tepat untuk memberikan keterampilan khusus kepada mereka dalam melaksanakan preaktik tersebut.

Pada hari ke-2, peserta workshop diberikan tidak hanya materi, melainkan praktik secara langsung tentang cara akupresur sederhana kepada bayi dan balita. Dengan berbekal phantom bayi yang telah mereka miliki, narasumber menjelaskan secara rinci tentang teknik melaksanakan akupresur tersebut. Mahasiswa pun terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian materi ini. Apalagi, di akhir sesi, dihadirkan balita berumur 1 tahun sebagai obyek akupresur, para mahasiswa pun memperhatikan dengan sangat teliti teknik yang diajarkan oleh narasumber.

Rangkaian acara workshop berakhir pada hari Minggu, 30 November 2016 pukul 13.00 WIB. Dalam sambutan penutup, Dr. Sulistyowati Hoedijono, M.A. A.Kp. menyampaikan bahwa rangkaian acara workshop selama 2 hari ini tidaklah cukup untuk mempelajari teknik akupresur, untuk lebih memperdalam ilmu diharapkan mahasiswa juga membaca kembali buku-buku tentang akupresur sebagai rujukan melaksankan teknik akupresur. Beliau juga menyampaikan bahwa beliau sudah menulis beberapa buku tentang teknik akupresur yang beberapa di antaranya sudah ada di Perpustakaan Unipdu Jombang. Acara kemudian ditutup secara resmi oleh Kepala Penjaminan Mutu FIK Unipdu Jombang, Ibu Sri Banun Titi Istiqomah, SST., M. Kes. Dalam sambutannya beliau juga berharap bahwa ilmu yang telah didapat selama 2 hari ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas.