Pelatihan Pemanfaatan Koleksi E-journal Bidang Kesehatan

By: Admin | Posted on: 2016-10-09 | Kunjungan : 227

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang bekerja sama dengan UPT Perpustakaan Unipdu Jombang dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan “Pelatihan Pemanfaatan Koleksi e-Journal Bidang Kesehatan” Kamis, 6 Oktober 2016 di Meeting Room I Kampus Utama Unipdu Jombang. Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir di FIK ini (Prodi D3 Kebidanan dan D3 Keperawatan mahasiswa Semester V dan Prodi S1 Ilmu Keperawatan mahasiswa Semester VII) bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang tata cara mengakses dan memanfaatkan “Jurnal Proquest” yang merupakan jurnal elektronik (e-journal) bidang kesehatan yang dikelola oleh FPPTI Jawa Timur, yang dalam hal ini sudah memiliki ikatan kerjasama dengan UPT Perpustakaan Unipdu Jombang sejak beberapa waktu yang lalu.

Pelatihan yang menghadirkan Bapak Dwi Janto Saundaru, S.E., Staf Ahli PT. Jasatama Proquest Yogyakarta sebagai nara sumberini, dibuka secara langsung oleh Bapak Dr. dr. H.M. Zulfikar As’ad, MMR., Wakil Rektor Bidang SDM., Keuangan dan Umum (Warku) Unipdu Jombang.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peran jurnal dalam dunia pendidikan sangatlah penting, karena jurnal inilah merupakan bukti yang aotentik dan akurat dari hasil penelitian seseorang atau tim yang memang berkompeten di bidangnya. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan para mahasiswa tingkat akhir di FIK Unipdu Jombang bisa mendapatkan penjelasan tentang tata cara mengakses dan memanfaatkan e-journal bidang kesehatan Proquest, di mana Perpustakaan Unipdu Jombang telah berlangganan melalui FPPTI Jawa Timur. Dengan demikian adanya jurnal ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh mahasiswa FIK Unipdu Jombang, khususnya mahasiswa tingkat akhir, sebagai bahan pustaka untuk penulisan Skripsi bagi mahasiswa program studi S1 Ilmu Keperawatan, maupun penulisan Laporan Tugas Akhir (LTA) bagi mahasiswa program studi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan.

Acara pelatihan ini berlangsung dalam 3 sesi yaitu :

  1. Sesi 1 berlangsung pada pukul 08.30 s.d. 10.00 WIB, diikuti oleh mahasiswa Prodi D3 Kebidanan beserta Kaprodi dan Sekpro.
  2. Sesi 2, berlangsung pada pukul 10.10 s.d. 11.40 WIB, diikuti oleh mahasiswa Prodi D3 Keperawatan beserta Kaprodi dan Sekpro, dan beberapa orang Dosen Tetap FIK Unipdu Jombang.
  3. Sesi 3 berlangsung pada pukul 11.50 s.d. 12.40 WIB, diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Ilmu Keperawatan beserta Kaprodi dan Sekpro.

Adanya pembagian waktu ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan kapasitas audience di Meeting Room I Kampus Utama Unipdu Jombang, sehingga seluruh peserta pelatihan dapat menyerap materi yang disampaikan dengan lebih optimal untuk mendapat manfaat sesuai yang diharapkan. (Lm)