Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) Tahun 2017

By: Admin | Posted on: 2017-11-14 | Kunjungan : 74

Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) Tahun 2017

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang kembali menyelenggarakan salah satu kegiatan berkualitas yang bermanfaat untuk menunjang kompetensi di bidang keperawatan. Bekerja sama dengan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PD PPNI) Propinsi Jawa Timur FIK Unipdu Jombang kali ini menyelenggarakan “Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS). Pelatihan ini berlangsung selama 4 (empat) hari, dimulai pada hari Rabu, 8 November 2017 dan berakhir pada hari Sabtu, 11 November 2017 bertempat di Kampus FIK Unipdu Jombang. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 68 perserta, yang tersdiri dari Mahasiswa Semester V Prodi D III Keperawatan, Mahasiswa Prodi Profesi Ners, serta beberapa peserta dari berbagai institusi kesehatan, seperti perawat di Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Jombang. 

Pelatihan BTCLS merupakan Pelatihan yang diperuntukkan bagi calon perawat / perawat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penanggulangan penderita gawat darurat. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dapat memiliki skill yang lebih baik sebagai bekal dalam persaingan kompetensi bagi perawat, karena dengan mengikuti dan menerapkan materi dan praktik yang didapat selama pelatihan ini akan memberikan keterampilan lebih dalam penangnan pasien trauma dan gawat darurat. Selain itu, bagi calon perawat atau Fresh Graduate Student,  Pelatihan BTCLS ini sangat begruna untuk menjadi bekal sebelum bekerja di Rumah Sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lain. Calon pegawai yang memiliki sertifikat BTCLS akan lebih diprioritaskan oleh sebuah institusi kesehatan yang membuka lowongan pekerjaan. Sedangkan bagi perawat yang telah bekerja di instansi kesehatan (puskesmas, rumah sakit, klinik dll), pelatihan ini sangat berguna selain untuk menembah keterampilan klinik juga berguna untuk “kredit” kenanikan pangkat, dan sebagainya.

Pelatihan BTCLS ini menghadirkan para Trainer handal dan berpengalaman dari DPD PPNI Propinsi Jawa Timur, yang kesemuanya merupakan dokter ataupun tenaga medis yang kompeten di bidangnya. Diawali dengan penyampaian materi di hari pertama, kemudian dilanjutkan dengan workshop / praktik secara langsung pada hari ke 2 dan ke 3, serta diakhiri dengan post test dan evaluasi di hari terakhir. Hampir semua peserta menyatakan kepuasannya setelah mengikuti pelatihan ini. Hal ini dapat diketahui di hari akhir pelatihan, di mana para peserta diminta untuk menyampaikan pengalaman yang didapat selama mengikuti pelatihan. Ke depannya kami berharap akan terus dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lain yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi seluruh civitas akademika FIK khususnya, serta bagi masyarakat luas pada umumnya.