FIK Unipdu Jombang Raih Juara ke-2 Pada Jambore Kesehatan Jiwa se-Jawa Timur

By: Admin | Posted on: 2016-12-13 | Kunjungan : 278

Prestasi menggembirakan kembali ditorehkan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang. Dalam Acara Jambore Regional Kesehatan Jiwa  se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur,  pada tanggal 1 - 2 Desember 2016 yang lalu, FIK Unipdu Jombang berhasil meraih Juara ke-2 pada kategori kegiatan Lomba Kreativitas Inovasi Pengembangan Progam Pelayanan Kesehatan Jiwa , yaitu dengan pembuatan Poster dengan Tema "Generasi sehat jiwa menuju bangsa bermartabat"

Acara Jambore Kesehatan Jiwa ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Jawa Timur, dan merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari kesehatan Nasional ke 52 tahun 2016, dengan mengambil lokasi di Desa Bongkot Kecamatan Peterongan Jombang. Tema yang diusung dalam Jambore ini adalah Indonesia Sehat Jiwa dan Bermartabat. Adapun tujuan dari penyelenggaran Jambore di antaranya adalah untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas tenaga kesehatan dalam progam pelayanan kesehatan jiwa, meningkatkan inovsi dan kreativitas kader sehat jiwa, meningkatkan motivasi dan kepercayaan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  dalam beraktualisasi diri serta menurunkan stigma masyarakat yang cenderung negatif terhadap ODGJ.

Jambore keswa 2016 ini diikuti oleh beberapa kontingen baik dari akademisi, survivor ODGJ, KKJ dan tenaga kesehatan yang datang dari beberapa kabupaten dan kota se Jawa Timur, di antaranya Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, Malang, Jombang, Kediri, Lamongan dan sekitarnya. Beberapa kegiatan dalam acara Jambore Keswa meliputi : lomba kreativitas ODGJ, kreativitas dan inovasi oleh KKJ, kreativitas oleh perawat, kreativitas pengembangan progam pelayanan Keswa berbasis masyarakat oleh civitas akademik.

Pada kesempatan kali ini FIK Unipdu Jombang diberi kesempatan untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan Lomba Kreativitas Inovasi Pengembangan Progam Pelayanan Keswa dan mendapat JUARA 2 yaitu poster dg tema "Generasi sehat jiwa menuju bangsa bermartabat", sasarannya adalah pada remaja, karena remaja merupakan ujung tombak generasi penerus bangsa sehingga progam yang kita rencanakan dengan melakukan deteksi dini terhadap masalah kesehatan jiwa remaja dan inisiasi membetuk UKS sehat jiwa untuk mencegah terjadinya msalah kesehatan jiwa yg lebih berat karena tidak ada sehat badannya tanpa sehat jiwanya. Sama halnya seperti lagu Indonesia Raya yang dimulai dari bangunlah jiwanya bangunlah badannya...hal itu menggambarkan bahwa kesehatan jiwa benar-benar harus diutamakan.

Demikianlah sekilas yang dapat kami gambarkan mengenai prestasi yang diraih oleh Delegasi FIK Unipdu Jombang pada Jambore Regional Kesehatan Jiwa  se-Jawa Timur, semoga ke depan FIK Unipdu Jombang dapat lebih mengembangkan prestasinya tidak hanya dalam kegiatan regional namun juga pada kegiatan nasional, bahkan internasional. Aamiin Ya Robbal Alamin….