BAKTI SOSIAL DAN PENGOBATAN GRATIS BAGI MASYARAKAT KURANG MAMPU

By: Admin | Posted on: 2016-10-24 | Kunjungan : 142

“FIK Unipdu Jombang, Terdepan dalam Membantu Sesama”

Setelah sukses menyelenggarakan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis di Desa Tondowulan Kecamatan Plandaan dan Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan beberapa waktu yang lalu, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Unipdu Jombang bekerja sama dengan PC Muslimat Jombang kembali menyelenggarakan “Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis” yang kali ini berlangsung di Desa Mayangan Kecamatan Jogoroto pada hari Kamis, 20 Oktober 2016 serta di Desa Mlaras Kecamatan Sumobito pada tanggal Sabtu 22 Oktober 2016.

Seperti halnya bakti sosial dan pengobatan gratis di dua tempat sebelumnya, dalam kegiatan ini turut  juga difasilitasi oleh Puskesmas Mayangan Jogoroto dan juga Puskesmas Sumobito. FIK Unipdu Jombang tetap mendukung secara penuh kegiatan ini dengan mengirimkan tenaga medis profesional sebagai fasilitator, bahkan Bapak Mukhamad Rajin selaku Ketua Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan juga Ibu Khotimah selaku Ketua Program Studi Profesi Ners juga ikut turun langsung sebagai sukarelawan tenaga medis dalam kegiatan tersebut. FIK Unipdu Jombang yang didukung penuh oleh RS Unipdu Medika Jombang juga berperan dalam penyediaan beberapa peralatan medis berupa alat pemeriksaan dasar dan juga seperangkat peralatan tes laboratoratorium.

Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis di kedua desa ini terasa sangat istimewa, karena turut hadir pula Ketua Umum  PC Muslimat Jombang yang juga Wakil Bupati Kabupaten Jombang, Ibu Hj. Mundjidah Wahab, beserta jajaran Pengurus PC Muslimat Jombang, dan juga tentunya  Muspika Kecamatan Jogoroto dan Sumobito, serta segenap jajaran perangkat Desa Mayangan dan Desa Mlaras. Seperti juga pada kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis sebelumnya, warga desa sekitar yang hadir mengikuti kegiatan ini terlihat sangat antusias dan puas dengan adanya pengobatan gratis ini, karena mereka merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini, sehingga pada kegiatan di desa ini pesertanya melonjak naik dari 2 kegiatan sebelumnya, di Desa mayangan, peserta yang hadir mencapai 101 orang, bahkan di Desa Mlaras, pasien yang dilayani mencapai 125 orang.

Dalam sambutannya Ketua Umum Pengurus Cabang Muslimat Jombang yang juga Wakil Bupati Kabupaten Jombang Ibu Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi semua fihak yang terlibat, khususnya FIK Unipdu Jombang yang selalu aktif berpartisipasi dalam semua kegiatana yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Muslimat Jombang , hal ini tentunya sangat membantu bagi terlaksananya program-program selanjutnya. 

FIK Unipdu Jombang yang dalam hal ini diwaklili oleh Bapak Mukhamad Rajin, selaku Ketua Program Studi S1 Ilmu Keperawatan juga menyampaikan bahwa FIK Unipdu Jombang juga berharap bahwa keikutsertaan dalam Kegiatan ini akan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam bidang kesehatan. Beliau menyampaikan bahwa hal ini sesuai dengan peran Perguruan Tinggi dalam upaya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berupa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Beliau juga berharap semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.